03 January 2008

Sistem Injeksi Lebih Bertenaga dan Efisien

Kebutuhan akan kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, kini menjadi perhatian para pengguna dan pemilik kendaraan. Alasan utamanya karena semakin menipisnya minyak bumi yang berimbas pada mahalnya harga bahan bakar. Karena pertimbangan inilah masyarakat memilih kendaraan yang efisien.

Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang adalah sistem penyuplai bahan bakar. Saat ini teknologi electronic fuel injection (EFI) menjadi pengganti karburator sebagai pengabut bahan bakar. Keunggulan dari sistem injeksi bahan bakar elektronik ini adalah efisiensi yang tinggi dibandingkan karburator. Alasannya, tingkat akurasi campuran bahan bakar dan udara sangat tinggi.

Cara kerja sistem injeksi bahan bakar elektronik adalah bahan bakar ditekan oleh pompa bertekanan tinggi (high pressure regulator fuel pump) melalui fuel rail menuju injector/nozzle yang mengarah ke ruang bakar (combustion chamber). Buka tutup injector ini diatur oleh ECU (electronic control unit) yang juga mengatur sistem pengapian (ignition). Secara singkat kebutuhan bahan bakar mesin diatur oleh ECU berdasarkan data yang diterima dari beberapa sensor seperti O2 sensor, throttle body position sensor, dan mass flow sensor yang membaca berapa banyak udara yang masuk ke throttle body. Sedangkan dalam sistem karburator, bahan bakar ikut masuk ke ruang bakar (pengabutan) menggunakan udara vakum melalui spuyer (main jet & pilot jet) yang diperoleh dari isapan piston sehingga akurasi campuran bahan bakar dan udara masih rendah.

Keuntungan dari sistem injeksi dibandingkan karburator yaitu menghasilkan tenaga besar, lebih efisien dan rendah emisi karena campuran bahan bakar dan udaranya akurat. Hal inilah yang menjadikan pembakaran lebih sempurna.

Di Indonesia kendaraan mobil sudah banyak yang dilengkapi sistem injeksi, dibandingkan dengan jenis sepeda motor. Baru-baru ini sepeda motor Honda dan Yamaha telah dilengkapi sistem injeksi elektronik. Sepeda motor yang telah dipasarkan tersebut dinilai sebagai suatu terobosan baru karena selama ini sepeda motor yang beredar menggunakan karburator untuk penyuplai bahan bakar.***

No comments:

Search Box

Dewangga on YouTube


on 30th March 2008 in Bandung, West Java, Indonesia.

LAWAN Virus HIV Aids!

LAWAN Virus HIV Aids!
Peduli sesama. Peduli generasi masa depan.

Waspadai segala bentuk kecenderungan korupsi!!

Waspadai segala bentuk kecenderungan korupsi!!
Jl. H.R. Rasuna Said Kav C-1, Jakarta 12920, Telp. (021 ) 2557 8389 , Faks. (021) 5289 2454 Latitude : 6°12'44.18"S, Longitude: 106°49'51.47"E