12 January 2008

Liputan Kuliner dari Ibu Kota Negara

Hmm.. Tahun Baru Islam 1429H yang bertepatan dengan weekend saya habiskan dengan ekpedisi kuliner. Namun kali ini bukan di ibu kota Jawa Barat tercinta, tapi di Ibu Kota Negara, dari ruko pinggir jalan hingga mall to mall (Senayan City, PIM1&2 dan Citos). Salah satu kunjungan kuliner saya saat itu adalah Ragusa Es Krim Italia yang berlokasi di Jalan Veteran (di bawah rel KA, dekat St. Gambir). Tempat ini sama sekali tidak ada perubahan desain, manajemen, fasilitas, dan hal lain pendukungnya, padahal tempat makan lainnya selalu berupaya mengubah diri mengikuti tren dan perkembangan zaman. Tapi kuno itu tak selamanya berkonotasi negatif, yang sangat positif dari Ragusa ini adalah: Rasa tidak pernah berubah sejak bertahun-tahun lamanya, selalu menjaga kualitas dengan baik karena pengawasan mutu oleh sang pemilik. Yang pasti terjadi adalah perubahan harga, yang terus menerus mengalami kenaikan, hahahaha!! Dan jangan kaget ketika datang ke sini. Bukan waitress wanita muda yang cantik atau seksi datang melayani anda, tetapi lelaki tua layaknya kakek-kakek! Yup, bisa jadi ia dan rekan-rekan seumurannya memang pegawai (pelayan) tetap dari zaman dahulu kala.
Kesalahan bukan terjadi pada mata anda, melainkan kualitas hasil foto yang blur.
Maafkan yaa.. Karena diambil dari jarak jauh (zoom).
Tanpa panjang lebar kali luas dan tinggi, kembali saya menyajikan liputan kuliner bagi anda semua khususnya pecinta es krim. Semua menu yang saya bahas di bawah ini adalah pilihan dan recommended. Adapun beberapa menu yang memang menu unggulan, seperti Spaghetti Ice Cream, Tutti Frutti dan Cassata Sicilliana.
Sate Ayam dan Lontong
Q: Lho, kenapa ada sate ayam dan lontongnya ya?? Ini kan restoran es krim?
A: Hahaha... Tenang... Di sini memang hanya menjual es krim dan minuman saja. Tapi di trotoar luarnya, selalu stand by tukang sate sepanjang restoran es ini buka. Lumayan mengingat pada saat itu saya datang pas waktu makan siang, kurang lebih pukul 12.15.


















Porsi yang pas. Tidak begitu mengenyangkan. Lumayan untuk mengisi perut yang kosong sebelum langsung menyantap es krim.


Cassata Sicilliana



















Yang unik dari menu ini adalah unsur komposisi bolu pandan berwarna hijau asli dari pandannya
yang klop dan bisa menyatu dengan rasa es krimnya.
Spaghetti Ice Cream



















Jangan anggap aneh dulu.. Spaghetti ini bukan spaghetti yang dimasak seperti Carbonara ataupun Bolognaise. Tapi ini adalah es krim vanilla yang berbentuk spaghetti. Beda dengan es krim vanilla pada menu lainnya, pada hidangan ini krimnya benar-benar lembut ketika masuk mulut, bahkan tidak bertahan lama di dalam mulut, es krim ini sudah larut dan hilang dari mulut, segar dingin melewati tenggorokan. Sukade atau kulit jeruk berwarna-warni ini menambah cantik penampilan hidangan dan memberikan rasa yang unik dan manis dalam paduannya. Begitu pula dengan kacang yang bertaburan di mana-mana.


Tutti Frutti






Bentuk dan rasa tidak berbeda jauh dengan Cassata Sicilliana. Namun perpaduan sukade yang bercampur membeku di dalam es krimnya, menjadikan sensasi berbeda dari rasa es krimnya sendiri.


Chocolatte Sundae




















Topping kacang dan dark chocolatte-nya menguatkan rasa es krim coklatnya.


Special Mix
















Porsi yang besar tentunya untuk dimakan seorang diri. Semua es krim di atas memiliki rasa yang sama sesuai warnanya, hijau dari pandan, pink (merah muda) yaitu stroberi, coklat ya coklat, dan putih berarti vanilla tentunya.

Menu es krim lainnya masih banyak untuk anda coba, namun tentu jenisnya sama dengan es krim lain (regular) seperti rasa durian dan juga buah lainnya dan bukan menu favorit.
Liputan saya ini bukan merupakan bentuk kerja sama apapun antara kedua belah pihak. Semua menu ini saya bayar (beli), bukan suguhan gratis agar dimuat di blog saya ini apalagi dipromosikan.

No comments:

Search Box

Dewangga on YouTube


on 30th March 2008 in Bandung, West Java, Indonesia.

LAWAN Virus HIV Aids!

LAWAN Virus HIV Aids!
Peduli sesama. Peduli generasi masa depan.

Waspadai segala bentuk kecenderungan korupsi!!

Waspadai segala bentuk kecenderungan korupsi!!
Jl. H.R. Rasuna Said Kav C-1, Jakarta 12920, Telp. (021 ) 2557 8389 , Faks. (021) 5289 2454 Latitude : 6°12'44.18"S, Longitude: 106°49'51.47"E